28 Feb 2012

Siap Menghadapi Ujian Nasional


Siap Menghadapi Ujian Nasional
           
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bapak-Ibu guru yang saya hormati.
Serta anak-anak SMA Negeri 96 Jakarta yang bapak cintai.
Selamat pagi dan selamat sejahtera bagi kita semua.

            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena berkat rahmat dan karunianya kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada pagi hari yang cerah ini.
Anak-anakku yang bapak banggakan,
Kalian mungkin sejak awal sudah menyadari bahwa ada saatnya kalian masuk sekolah ini dan ada pula saatnya kalian mau atau tidak, harus keluar meninggalkan sekolah ini. Keluar dari sekolah ini yang bapak maksud bukan karena kalian dikeluarkan karena kasus tertentu melainkan karena memang kalian lulus ujian akhir. Ujian akhir sebagaimana yang kita pahami sebagai ujian nasional merupakan penentu kalian lulus atau tidak. Tentu kondisi seperti ini membuat kalian bertanya-tanya dan was-was.
Siap atau tidak tentu ujian nasional pasti akan datang menghampiri kalian. Sekiranya kalian bisa menghitung waktunya dari sekarang yang sudah tidak lama lagi yakni tinggal hitungan hari. Tanggal 16 April tepatnya yang menentukan itu akan tiba dan kalian harus memaksakan diri untuk mempersiapkan diri sejak sekarang.
            Belajarlah yang rajin tinggalkan segala kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan persiapan kalian menghadapi ujian nasional ini. Jangan buat orang tua kalian malu jika kalian tidak lulus berarti 3 tahun kalian belajar di sekolah ini terbuang sia-sia tiada arti. Kalian harus bisa mengatur waktu lebih ketat lagi. Inilah modal kalian. Kami pihak sekolah tidak mau mendengar ada satu pun siswanya yang gagal ujian nasional.
            Bapak-Ibu guru yang saya hormati serta anak-anak SMA Negeri 96 Jakarta yang bapak banggakan.
            Marilah kita pahami bersama betapa pentingnya persiapan yang harus kita tempuh yaitu:
Pertama, belajarlah yang rajin mulai dari sekarang. Belajar lebih keras lagi sehingga kalian bisa menguasai materi yang diujikan nanti.
Kedua, jaga kesehatan kalian. Jaga pola makan, jangan ugal-ugalan membawa motor khawatir terjadi sesuatu yang tak diduga seperti kecelakaan.
Ketiga, minta do’a orang tua, minta maaf kepada orang tua dan minta doa agar kalian diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal tersebut.
Jangan terpengaruh isu-isu yang membuat kalian menjadi tidak belajar seperti ada bocoran jawaban yang datang atau apa sajalah yang membuat kalian itu malas belajar.
Sekian yang bapak sampaikan. Semoga kalian nanti diberi kemudahan dalam menjawab soal ujian nasional tersebut dan semoga menjadi orang-orang sukses di masa depan. Mohon maaf jiaka ada kata-kata yang tidak berkenan. Semoga ada manfaatnya buat kalian semua dan semoga menjadi renungan kalian.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Nama : Aji Pangestu Rismanto XII IPS I

0 komentar:

Posting Komentar